Kamis, 12 Mei 2011

Penyakit yang umum terjadi pada kucing anda


Kucing kita dapat saja sakit walaupun kita sudah berusaha sebaik mungkin memeliharanya. Penyakit kucing bervariasi mulai dari mulai flu ringan sampai kepada penyakit yang fatal. Berikut kita diskusikan beberapa penyakit yang paling umum saja.

Infeksi saluran pernafasan bagian atas sangat umum terjadi pada kucing, yang sering disebut dengan flu kucing oleh para pemilik kucing. Gejala yang timbul hampir sama dengan flu yang terjadi pada manusia, diikuti dengan bersin dan hidung berair. Infeksi ini bervariasi tingkatannya dan dapat menular dari satu kucing ke kucing lainnya.

Infeksi saluran pernafasan bagian atas dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan dan infeksi ini dapat berlangsung dari beberapa hari saja sampai berminggu minggu. Dalam kondisi seperti ini, kucing sebaiknya dipaksa makan dengan cara menghangatkan makanannya dan menempelkan handuk hangat untuk menghapus cairan yang keluar dari hidung dan mata.
 

Jika kehilangan nafsu makan ini terus berlangsung dan cairan yang kelar sudah berubah kucing kehijauan dan menjadi kental, maka kucing anda sebaiknya dibawa ke dokter hewan secepatnya. Jika tidak dilakukan maka masalahnya akan semakin serius.

Feline Chlamydia adalah semacam penyakit yang disebabkan oleh bateri yang berpengaruh pada kondisi tubuh kucing, biasanya menginfeksi mata dan menyebabkan conjunctivitis. Gejala yang timbul adalah anorexia, batuk kesulitan bernafas, pneumonia, demam, bersin, hidung berair dll. Penyakit ini sebaiknya diatasi dengan menggunakan antibiotik. Penyakit ini juga merupakan penyakit umum yang menyerang kucing.

Panleukopenia 
adalah penyakit yang menyebabkan jumlah sel darah putih kucing menurun dengan drastis. Seperti yang kita ketahui, sel darah putih sangat vital bagi pertahanan tubuh. Dalam kondisi seperti ini, kucing akan mudah terserang penyakit infeksi yang mematikan. Vrus penyebab penyakit ini ditularkan melalui sekresi tubuh seperti melalui feces dan dapat juga terbawa oleh sepatu dan air.

Feline leukemia virus dapat menyebabkan berbagai penyakit pada kucing. Salah satunya adalah leukimia atau yang lebih dikenal dengan kanker darah putih. Belum ada perlakuan yang efektif untuk mengatasi virus dan penyakit ini dan biasanya akan menyebabkan kematian setelah beberapa bulan atau tahun setelah kejadian penyakit ini. Virus ini biasanya dapat tertular pada saat kucing berkelahi. Penyebaran lain dapat saja melalui makanan, air minum yang digunakan bersama, atau dapat saja menular dari induk ke anak yang ada dalam kandungan.

Parasit adalah organisme yang makan atau hidup dari organisme lain. Kucing dipengaruhi oleh parasit ini yang biasanya hidaup dengan cara memakan darah kucing. Parasit eksternal seperti mite, fleas dll dapat kita lihat pada kulit atau bulu kucing dan juga di telinga. Pendeteksian parasit internal lebih sulit dilakukan. Terkadang kita dapat melihat seperti butiran nasi kecil di anus kucing atau di tempat tidur kucing. Beberapa parasit internal adalah cacing gelang, cacing kait, caping pita dll

Coccidia adalah parasit mikro yang hidup pada didning usus kecil. Gejala yang ditimbulkan oleh parasit ini adalah diare dan jika tidak dilakukan pengobatan akan mengakibatkan dehidrasi atau bahkan kematian.

Ear mites biasanya hidup dan tinggal di saluran kuping dan menebabkan gatal yang luar biasa pada kucing

(sumber : Nuzacats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar