Kamis, 12 Mei 2011

Kebiasaan Kucing Kita


Seberapa jauh Anda mengenal kucing Anda? Ternyata ada beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui agar mengenal dengan baik si pussy.

1. Kenapa kucing kadang makan rumput?
Hal tersebut normal, beberapa hewan peliharaan menyukai rasa rumput. Ada banyak teori tentang binatang peliharaan dan rumput, tapi jika hewan peliharaan anda menunjukan selera makan yang aneh (memakan makanan yang tidak biasa, disebut Pica). Bila sampai muntah, segera hubungi dokter hewan Anda secepat mungkin untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Bila kucing yang selama ini banyak mengonsumsi ikan maupun daging, namun tiba-tiba mengonsumsi rumput, ada beberapa kemungkinan, antara lain, mereka merasa lapar, mereka merasa tidak nyaman dan memakan sesuatu yang bisa menolong (kadang-kadang seperti yang dilakukan manusia). Ada teori yang mengatakan bahwa rumput adalah bagian dari diet karnivora – jika mereka memakan mangsa yang lebih kecil, mereka makan seluruh tubuhnya, termasuk isi perut yang penuh dengan rumput.
Kebanyakan kucing biasanya memangsa beberapa mangsa kecil selama melewati harinya. Bagi kucing dan anjing, makanan harus tersedia setiap saat. Ini membantu dalam mengontrol berat badan.
Diet rumah harus tidak terjadi kekurangan gizi. Jika perut mereka kosong, empedu bisa mengalir kembali dan ini dapat mengiritasi. Hal ini bisa mengakibatkan cairan muntahan berwarna kuning jernih
Setiap saat jika hewan peliharaan anda terlihat seperti kurang selera makan, memakan makanan aneh (pica), atau muntah, lebih baik anda periksakan pada dokter hewan. Tersumbatnya saluran pencernaan adalah hal yang serius. Perubahan selera makan atau muntah bisa mengindikasikan suatu penyakit (gagal ginjal, hyperthyroidism, dll), keracunan saluran pencernaan, atau infeksi, itu adalah beberapa kemungkinan. Yang terbaik adalah memeriksakan kucing anda ke dokter hewan.

2. Kenapa kucing kadang mencoba mencakari tempat makannya?
Tidak semua kucing melakukan ini. Hal ini adalah percobaan untuk mengubur berbagai makanan yang tidak termakan disimpan untuk nanti. Pada kucing liar, hal tersebut dilakukan supaya binatang lain tidak dapat mencuri tangkapan mereka.

3. Kenapa kucing kerap mendengkur?
Mekanisme mendengkur secara pasti tidak diketahui. Orang-orang beranggapan kucing mendengkur karena mereka merasa senang, tapi bagaimanapun juga mereka tetap mendengkur ketika mereka kesakitan dan ketakutan
Satu teori mengatakan bahwa mendengkur adalah sinyal sosial, yang berisi pesan mengatakan bahwa kucing membutuhkan bantuan.

4. Kenapa kucing meremas dengan cakar depannya?
Anak kucing suka mencengkeram perut ibunya jika mereka diberi makan. Ini adalah tanda dari kepuasan dan juga membantu mengalirnya air susu ibunya.

5. Kenapa kucingku menggeram bila berhadapan dengan burung?
Banyak kucing melakukan ”percakapan” dengan suara tenang saat mereka mengawasi burung atau mangsa yang lain dari jendela. Ada dua teori mengenai hal ini.
1. Ketika kucing menangkap mangsa mereka akan melakukan gigitan fatal pada leher. Kemungkinan ketika kucing mengawasi mangsa dari jauh, mereka juga menetapkan gigitan mematikan mereka.
2. Kemungkinan juga kucing mengeluarkan suara karena mereka mangalami frustasi karena tidak bisa menangkap mangsanya.

6. Kenapa ada kucing yang suka mengunyah baju?
. Ini diketahui sebagai Pica. Kata Pica berasal dari bahasa latin “magpie”, yang diketahui suka makan hampir segalanya.Penyebabnya, tak seorang pun tahu alasan tepatnya tapi terdapat beberapa teori, kekurangan makanan tertentu, kekurangan serat, mineral atau vitamin dalam diet mereka. Menghisap kain woll kemungkinan karena hasil dari terlalu dini dalam penyapihan, dan melakukan ini sebagai mekanisme menenangkan diri.
Mengisap woll lebih banyak terlihat pada biakan Siamese dan Siamese, karena kemungkinan pengaruh dari komponen genetik.

7. Kenapa kucing membawa pulang binatang mati?
Berburu adalah sifat alamiahnya. Kucingku tidak membutuhkan berburu karena kami memberi makan. Jika sebelumnya induknya mengajarinya berburu, dan membawakan mangsa mati untuk dimakannya. Dan ketika induknya tua, mereka akan membawa pulang mangsa yang terluka dan melakukan pembunuhan terakhir di depan anak kucingnya.
Pemikiran ini terjadi pada kucing kita. Kucing berpikir tentang pemiliknya bahwa pemiliknya adalah seorang pemburu yang tidak kompeten, dan dia mencoba untuk mengajar kita bagaimana berburu. Seperti induk kucing mengajari anaknya.
Teori lain adalah mereka menawarkan binatang mati pada kita. Dikatakan bahwa ini adalah reaksi alami ketika mereka mempersembahkan hewan mati pada kita maka kita akan memuji mereka. Tidak satupun dari kita berharap akan mendapatkan kiriman horor.

8. Kenapa kucing selalu membuat jalan pintas untuk menghindari orang yang tidak menyukai mereka?
Kontak mata secara langsung dengan kucing adalah tanda dari dominasi dan merupakan sikap mengancam buat kucing. Orang yang tidak menyukai kucing menghindari kontak mata dengan kucing, hal itu membuat mereka terlihat menarik dan ”sahabat kucing”

9. Kenapa kucing suka tidur?
Kucing tidur 16 jam sehari, berarti dua kali kebutuhan rata-rata tidur manusia. Mereka berburu untuk mendapatkan makanan, mereka menggunakan energy secara singkat, cepat, sangat akurat dan efisien dalam menangkap mangsa. Dalam bukunya Cat World, Desmond Morris memperkirakan bahwa kucing suka tidur karena tangan mereka sangat efisien dalam bekerja sehingga mereka tidak membutuhkan waktu lebih untuk melakukannya.

10. Kenapa kucing mengubur makanannya?
Ini adalah sifat alamiahnya yang kembali pada masa ketika mereka masih pada dunia liar. Mangsa yang mereka dapat kemudian tidak habis maka mereka mengembunyikannya supaya hewan lain tidak dapat mencurinya.

11. Kenapa kucing selalu mencari perhatian saat seseorang sedang menelepon?
Kucing anda tidak sadar bahwa anda sedang berbicara dengan seseorang di telepon, dia mengira Anda sedang mengajaknya bicara.

12. Kucing kerap mengunyah/menggigiti cakarnya, apakah ini normal?
Beberapa kucing mengunyah dan menggigiti cakar mereka ketika mereka sedang berdandan. Ini adalah cara menyingkirkan pelindung paling luar dari cakarnya.
Menggigit kuku bisa menjadi kebiasaan yang memaksa pada kucing, seperti yang dilakukan oleh manusia, tapi hal itu merupakan kebiasaan normal dari rutinitas mengurus diri.

13. Kenapa kucing terkadang menyusu pada dirinya sendiri?
Pada sudut pandang sendiri, saya tidak mengkhawatirkan hal itu kecuali hal tersebut menyebabkan kerusakan fisik pada dirinya. Saya pernah punya kucing yang memiliki sifat seperti ini. Dia melakukan hal tersebut saat dia stress atau puas dan kelihatannya membuat dia merasa tenang. nantinya, sekitar usia 2 tahun dia akan berheti sendiri. Hal ini seperti anak kecil yang mengisap jempolnya sendiri.
Tapi jika anda memperhatikan atau hal itu membuat kerusakan pada dirinya sendiri, segera hubungi dokter hewan.


(Sumber: Nadia - Cat World: A Feline Encyclopaedia - Desmond Morris - anjingdankucing.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar